اِسْم مَنْصُوْب
ISIM MANSHUB
Isim yang terkena I'rab
Nashab disebut Isim Manshub. Yang menjadi Isim Manshub adalah semua Isim selain Fa'il
atau Naib al-Fa'il dalam Jumlah Fi'liyyah.
1) MAF'UL (مَفْعُوْل) yakni Isim yang dikenai pekerjaan
(Objek Penderita). قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ |
= Muhammad membaca
al-Quran
|
القُرْآنَ (= al-Quran) --> Maf'ul --> Manshub dengan tanda
fathah.
2) MASHDAR (
مَصْدَر ) yakni Isim yang memiliki makna Fi'il
dan berfungsi untuk menjelaskan atau menegaskan (menguatkan) arti dari
Fi'il.
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ
تَرْتِيْلاً
|
= Muhammad membaca al-Quran dengan
tartil (perlahan-lahan)
|
3) HAL (
حَال ) ialah Isim
yang berfungsi untuk menjelaskan keadaan Fa'il atau Maf'ul ketika berlangsungnya
pekerjaan.
قَرَأَ مُحَمَّدٌ
الْقُرْآنَ خَاشِعًا
|
= Muhammad membaca al-Quran dengan
khusyu'
|
4) TAMYIZ ( تَمْيِيْز ) ialah Isim yang berfungsi menerangkan
maksud dari Fi'il dalam hubungannya dengan keadaan Fa'il atau
Maf'ul.
قَرَأَ مُحَمَّدٌ
الْقُرْآنَ عِبَادَةً
|
= Muhammad membaca al-Quran sebagai
suatu
ibadah
|
5) ZHARAF ZAMAN (ظَرْف زَمَان) atau Keterangan Waktu dan ZHARAF MAKAN (ظَرْف مَكَان) atau Keterangan Tempat.
قَرَأَ مُحَمَّدٌ
الْقُرْآنَ لَيْلاً
| = Muhammad membaca al-Quran pada suatu malam |
Diantara Zharaf Zaman: يَوْمَ (=pada hari), اَلْيَوْمَ (=pada hari ini), لَيْلاً (=pada malam hari), نَهَارًا (=pada siang hari), صَبَاحًا (=pada pagi hari), مَسَاءً (=pada sore hari), غَدًا (=besok), اْلآنَ (=sekarang), dan sebagainya.
Diantara Zharaf Makan: أَمَامَ (=di depan), خَلْفَ (=di belakang), وَرَاءَ (=di balik), فَوْقَ (=di atas), تَحْتَ (=di bawah), عِنْدَ (=di sisi), حَوْلَ (=di sekitar), بَيْنَ (=di antara), جَانِبَ (=di sebelah), dan sebagainya.
6) Mudhaf yang
berfungsi sebagai MUNADA
(مُنَادَى) atau Seruan/Panggilan.
رَسُوْلُ اللهِ (=Rasul Allah) adalah Mudhaf-Mudhaf Ilaih, bila berfungsi sebagai Munada, maka kata رَسُوْل (=Rasul) sebagai Mudhaf menjadi Manshub.
رَسُوْلُ اللهِ (=Rasul Allah) adalah Mudhaf-Mudhaf Ilaih, bila berfungsi sebagai Munada, maka kata رَسُوْل (=Rasul) sebagai Mudhaf menjadi Manshub.
يَا
رَسُوْلَ اللهِ
| = Wahai Rasul Allah |
Sedangkan bila Munada itu adalah Isim Mufrad yang bukan merupakan
Mudhaf-Mudhaf Ilaih, maka Isim tersebut tetap dalam
bentuk Marfu'. Contoh:
يَا
مُحَمَّدُ
| = Wahai Muhammad |
7) MUSTATSNA (
مُسْتَثْنَى ) atau Perkecualian ialah Isim yang terletak sesudah
ISTITSNA (اِسْتِثْنَى ) atau Pengecuali. Contoh:
حَضَرَ الطُّلاَّبُ إِلاَّ
زَيْدًا
| = para siswa telah hadir kecuali Zaid |
Kata-kata yang biasa menjadi Istitsna antara lain: إِلاَّ - غَيْرَ - سِوَى - خَلاَ - عَدَا - حِشَا
Semuanya biasa diterjemahkan: kecuali, selain.
Isim yang berkedudukan sebagai Mustatsna tidak selalu harus Manshub. Mustatsna bisa menjadi Marfu' dalam keadaan sebagai berikut:
a) Bila berada dalam Kalimat Negatif dan Subjek yang dikecualikan darinya disebutkan. Maka Mustatsna boleh Manshub dan boleh Marfu'. Contoh:
مَا قَامَ الطُّلاَّبُ
إِلاَّ زَيْدًا
| = para siswa tidak berdiri kecuali Zaid |
مَا قَامَ الطُّلاَّبُ
إِلاَّ زَيْدٌ
| = para siswa tidak berdiri kecuali Zaid |
b) Bila Mustatsna berada dalam kalimat Negatif dan Subjek yang dikecualikan darinya tidak disebutkan sedangkan Mustatsna itu berkedudukan sebagai Fa'il maka ia harus mengikuti kaidah I'rab yakni menjadi Marfu'. Contoh:
مَا قَامَ إِلاَّ
زَيْدٌ
| = tidak berdiri kecuali Zaid |
sumber: pustaka islam
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentarlah yang santun dan bijak