Pengikut

Selasa, 29 Januari 2019

Tips bagi para ayah yang mengalami stres atau depresi




1. Luangkan waktu bersama keluarga

Seorang ayah bisa mengalami stres ketika dia merasakan beban tanggung jawab yang menekan. Juga harus selalu terlihat kuat di depan istri dan anaknya. Mereka sering lupa, ayah juga membutuhkan dukungan keluarga sama seperti keluarga membutuhkannya.

Bagi para ayah yang merasakan stres, cobalah meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Ayah akan menyadari bahwa istri dan anak mencintai Anda tanpa syarat, tanpa tuntutan apapun. Anda akan meras dicintai dan dihargai.

Masalah pekerjaan pastinya akan terlupakan, melihat cinta yang polos tanpa pamrih dari keluarga Anda.

2. Bicara dengan istri dan anak

Bicara dengan keluarga tentang hal sekecil apapun bisa meningkatkan ikatan emosional antara suami dan istri, juga ayah dengan anak. Karena itu luangkanlah waktu untuk mengobrol dengan anak dan pasangan Anda. Di waktu pagi saat sarapan, atau malam sebelum tidur. Juga ketika berkumpul sekeluarga di akhir pekan.

Hal kecil ini bisa mengurangi tingkat stres. Anda pun bisa melihat masalah yang dihadapi dengan kepala yang lebih jernih, sehingga bisa memikirkan solusi tepat untuk masalah tersebut.


Menghabiskan waktu bersama keluarga bisa mengurangi stres ayah.

3. Olahraga dan konsumsi makanan sehat

Tubuh yang sehat bisa membantu Ayah menghadapi stres lebih baik. Olahraga selain mengeluarkan keringat, juga berfungsi menurunkan tingkat stres. Mulailah berolahraga sekarang juga.

Jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayuran, kandungan vitamin dan mineralnya bisa menurunkan level stres Anda.

4. Manjakan diri sendiri

Bila Ayah merasa kewalahan dengan semua tanggung jawab dan masalah yang dihadapi, cobalah untuk memanjakan diri. Menghabiskan waktu sendirian untuk memancing, atau melakukan hal lain yang Anda suka.

Jelaskan pada istri bahwa Anda butuh waktu untuk sendiri, agar bisa tenang kembali. Istri juga harus memahami, suami butuh menyegarkan pikiran dengan melakukan hal yang tidak melibatkan keluarga.

5. Belajar bilang tidak

Bila Anda terlalu lelah, katakan tidak pada tugas tambahan yang diberikan atasan Anda. Ayah harus paham, bahwa tidak semua pekerjaan bisa Anda lakukan dalam satu waktu. Kenali batasan diri, dan berani bilang tidak saat Anda sudah memiliki banyak tugas untuk dikerjakan.

6. Jangan ragu untuk mencari bantuan


Jika Ayah merasa stres yang dirasakan mulai menimbulkan masalah dalam kehidupan rumah tangga, cobalah cari bantuan. Entah apakah psikolog atau teman yang Anda percaya. Daripada mengabaikan stres yang ada, dan justru membuat masalah semakin besar.

****

Siapapun bisa merasakan stres, baik laki-laki maupun perempuan. Jangan ragu untuk mencari pertolongan, agar stres tidak berubah menjadi depresi dan malah tidak bisa disembuhkan.

Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentarlah yang santun dan bijak